Penyebab dan Solusi Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin Ini Wajib Anda Ketahui

Masalah mesin brebet ini bukan hanya terjadi pada motor lama saja, bahkan pada motor baru pun brebet juga bisa terjadi di saat mesin motor dingin. Maka untuk itu, siapa pun yang mempunyai motor injeksi sebaiknya mengetahui penyebab dan solusinya.

Penyebab dan Solusi Motor Injeksi Brebet saat Mesin Dingin

Jika dilihat-lihat memang motor injeksi sudah didesain menggunakan teknologi injektor. Di mana di ruang pembakaran pencampuran BBM dan udaranya sudah diatur secara khusus. Agar motor ketika digas tidak mengalami kendala brebet.

Bagi Anda yang memiliki motor injeksi sebaiknya mempersiapkan segala sesuatu agar dapat mengatasi atau mencegah motor brebet saat mesin dingin. Langkah yang paling tepat adalah dengan mencari tahu penyebab dan solusi motor injeksi brebet saat mesin dingin. Berikut ini beberapa penyebab dan solusinya:

1. Kotornya Filter Pompa Injeksi

Nah penyebab motor brebet saat mesin dingin yang pertama wajib Anda ketahui adalah masalah filter pompa injeksi. Karena apa, filter ini memiliki peran yang sangat penting yakni menyaring kotoran BBM yang ada di tangki.

Ketika filter ini kotor maka bbm tidak dapat tersaring dengan baik. Efek jangka panjang bisa merusak komponen fuel pump. Selain itu juga bisa merusak dinamo fuel pump dan jika rusak harus diganti.

Filter yang satu ini jangan sampai rusak. Jangankan rusak, kotor saja pun tidak boleh. Sebab, jika filter ini kotor maka BBM tidak dapat tersaring dengan sempurna. Untuk efek jangka panjangnya filter yang kotor dalam merusak komponen fuel pump. Tidak sampai di situ, bahkan dapat merusak dinamo fuel pump. Dinamo ini harus diganti jika sudah rusak parah.

Untuk solusinya, bersihkan filter setiap bulan atau setiap service rutin. Dengan begitu, soal mesin motor brebet tidak akan Anda temui lagi.

2. Rusaknya Sensor Injeksi

Cara yang kedua cukuplah mudah, yakni dengan cara mencari tahu apakah sensor injeksi masih berfungsi atau sudah rusak. Sensor Injeksi tentunya berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi dan mengatur jumlah BBM yang akan mengalir ke ruang bakar motorm

Sensor ini menjadi pengganti pengaturan sekrup pada sistem karburator. BBM akan tidak terkendali apabila Sensor ini rusak. Suplainya akan ugal-ugalan atau tidak terkontrol. Jika itu terjadi maka tentunya akan mengakibatkan motor brebet saat digunakan.

3. Daya Tekan Pompa BBM Menurun

Motor injeksi juga bisa brebet dalam keadaan rpm rendah. Hal itu disebabkan oleh daya tekan pompa BBM atau fuel pump menurun drastis. Daya tekan pompa BBM bisa menurun drastis Karana dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya fuel pump kotor.

Untuk solusinya, Anda cek fuel pump secara rutin. Apabila fuel pump sudah membaik dan berjalan normal, maka masalah motor brebet seperti akan hilang dari dunia ini. Service motor secara teratur juga menjadi penyebab dan solusi motor injeksi brebet saat mesin dingin.

Penyebab dan solusi motor Injeksi brebet saat mesin dingin wajib diketahui oleh siapa pun. Agar ketika motor injeksi brebet di tengah perjalanan, Anda sudah tahu langkah awal yang harus dilakukan. Baca juga artikel: https://angkasa.co.id/cara-memperbaiki-shock-belakang-yang-keras/

 

 

 

Related posts